REGULASI

AJFC FUTSAL COMPETITION

BABAK REGIONAL

 

  1. TIM PESERTA

Tim peserta berasal dari perwakilan sekolah tingkat SLTP/ sederajat atau klub futsal, dengan Usia 14 – 16 tahun yang telah memenuhi Persyaratan Pendaftaran Tim Peserta yang ditetapkan panitia, yaitu :

 

Persyaratan Pemain :

  1. Tahun kelahiran pemain minimal 1 Agustus 2003 dan maksimal 30 Agustus 2000, persyaratan ini wajib dan harus dipenuhi untuk dapat melanjutkan ke persyaratan berikutnya.
  2. Setiap pemain wajib melampirkan 1 lembar foto copy Akte Kelahiran dan Kartu Pelajar/ Ijasah SD (dapat menunjukkan aslinya).
  3. Setiap pemain wajib melampirkan Foto Berwarna Terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar yang ditempelkan di formulir  data pemain & official yang telah diberikan oleh panitia.
  4. Setiap pemain wajib mengisi formulir khusus dari Allianz dan melampirkan surat izin dari orang tua atau wali untuk keikusertaan dalam AJFC Futsal Competition.

 

Persyaratan Tim :

  1. Melengkapi daftar susunan  10 PEMAIN & 1 OFFICIAL yang telah diberikan oleh pihak panitia.
  2. Setiap tim dilarang keras menggunakan PEMAIN PROFESIONAL dan melebihi batas minimal dan maksimal usia yang ditetapkan dari Panitia.
  3. Seluruh persyaratan tersebut diatas wajib dilengkapi dan di serahkan paling lambat 7 hari sebelum jadwal Technical Meeting dan bila tim peserta tidak dapat menyerahkan persyaratan pada tanggal yang telah di tentukan panitia maka tim tersebut kami anggap mengundurkan diri dan akan digantikan oleh tim cadangan yang sudah siap (Tempat Technical Meeting akan diinformasikan lebih lanjut oleh panitia).

 

  1. PEMAIN & OFFICIAL
  1. Pemain dan Official terdaftar dalam formulir data 10 pemain dan 1 official yang didaftarkan oleh Tim.
  2. Official adalah anggota tim peserta yang berfungsi sebagai manager team dan pelatih
    1. Manager tim adalah yang bertanggung jawab terhadap tim dan kebutuhan tim tersebut. Manager tim wajib hadir pada saat Technical Meeting yang diselenggarakan oleh panitia. Segala yang berkaitan dengan tim dan panitia hanya akan disampaikan melalui manager tim. Jika manager tim berhalangan hadir, maka posisinya hanya dapat digantikan oleh pelatih atau kapten tim.
    2. Pelatih adalah orang yang bertanggung jawab untuk melatih tim dalam hal teknis. Pelatih hanya boleh memegang satu tim peserta AJFC Futsal Competition.

 

  1. PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN

 

  1. Sistematika Pertandingan :
  • Peserta turnamen sebanyak 64 tim putra.
  • Di bagi 2 grup, masing-masing 32 tim setiap grup.
  • Grup A adalah tim peserta perwakilan sekolah tingkat SLTP/ sederajat (32 tim).
  • Grup B adalah tim peserta yang berasal dari klub-klub futsal (32 tim).
  • Menggunakan sistem gugur, setiap team akan bertanding dengan team lain berdasarkan hasil drawing.
  • Setiap grup akan bermain dalam dua lapangan, juara setiap grup adalah finalis dan akan bertemu dengan finalis dari grup lain untuk memperebutkan juara regional.
  1. Waktu Pertandingan 2 x 10 menit kotor sampai dengan pertandingan selesai, dengan waktu istirahat / jeda pertandingan 3 menit, dan waktu time out max. 1 menit. Waktu akan dimatikan pada saat time out, cedera berat, permintaan wasit, dll, yang menurut panitia memang harus dimatikan
  2. Untuk Babak Final waktu pertandingan adalah 2 x 15 menit kotor.
  3. Apabila terjadi Draw Pertandingan : Maka akan dilanjutkan dengan tendangan ADU PINALTI yang dilakukan oleh 3 orang penendang (Bebas). Dan jika skor juga masih seimbang, maka akan dilakukan pengundian koin untuk penentuan pemenang, (dengan ketentuan tim yang memenangkan undian berhak untuk memilih menjadi penendang atau penjaga gawang) dan tendangan pinalti tersebut dilakukan oleh pemain sisa.
  4. Waktu WO : Adalah 5 menit dari jadwal pertandingan (disesuaikan). Tim peserta dinyatakan kalah WO bila tidak dapat mengisi FORMULIR LINE UP pemain dengan jumlah pemain minimal 3 orang pada akhir waktu 5 menit tersebut (saat kick off).
  5. Hadiah Regional AJFC Futsal Competition :
  • Juara 1               : Trophy dan Medali + Paket Perlengkapan Futsal senilai Rp. 3.000.000,-
  • Juara 2               : Trophy dan Medali + Paket Perlengkapan Futsal senilai Rp. 1.500.000,-
  • Juara 3               : Trophy dan Medali + Paket Perlengkapan Futsal senilai Rp. 1.000.000,-
  • Juara 4               : Trophy + Paket Perlengkapan Futsal senilai Rp. 500.000,-
  1. Tim Juara 1, 2 dan 3 di setiap Regional berhak tampil di Tahap Final Selection (Individual), apabila tim tersebut berhalangan atau tidak dapat ikut, maka akan di gantikan oleh tim peringkat dibawahnya saat di Regional, begitupun selanjutnya, sampai ada Tim yang  mewakili di Tahap Final Selection.

 

  1. PERATURAN UMUM PERTANDINGAN

 

  1. Peserta atau Official tim  wajib mengisi formulir LINE UP pemain yang telah disediakan oleh panitia, paling lambat 5 menit sebelum pertandingan dimulai.
  2. Setiap tim dianjurkan memiliki seragam tim (baju, celana, kaos kaki). Warna baju kiper harus berbeda dengan seragam baju 4 pemain lainnya.
  3. Apabila dalam suatu pertandingan, kedua tim memakai kaos tim dengan warna yang sama, yang menurut wasit akan mengganggu jalannya pertandingan, maka tim yang harus mengganti kaosnya adalah tim tamu ( guest / away / visitor).
  4. Setiap pemain hanya mempunyai satu nomor punggung hingga akhir turnamen Babak Regional, karena akan berpengaruh dengan data pencetak gol dan data yang lainnya.
  5. Apabila ada tim yang ingin menggunakan Powerplay, maka pemain tersebut harus menggunakan seragam yang bernomor punggung sama dengan warna yang berbeda atau menggunakan rompi pertandingan.
  6. Pemain harus mematuhi ketertiban :
  1. Pemain tidak diperbolehkan memakai anting, kalung, cincin, jam  tangan dan benda berbahan keras lainnya pada saat bertanding, karena berbahaya bagi diri sendiri dan pemain lawan.
  2. Setiap pemain diwajibkan memakai sepatu futsal (karet), dan dilarang menggunakan sepatu sepakbola konvensional. Apabila masih ada pemain yang tidak menggunakan sepatu futsal (karet), panitia berhak untuk menolak pemain tersebut bertanding.
  3. Pemain diwajibkan menggunakan pelindung kaki (Shin Guard). Apabila masih ada pemain yang tidak menggunakan  pelindung kaki (Shin Guard), panitia berhak untuk menolak pemain tersebut bertanding.
  4. Pemain diwajibkan memakai kaos kaki panjang sebatas lutut (kaos kaki sepakbola pada umumnya).
  5. Setiap pemain wajib memakai kaos kaki dengan warna yang sama (warna dominan).
  6. Pemain harus menghormati wasit, table official, pemain lawan dan penonton (dilarang keras memprotes, mendorong, mencaci maki /  mengeluarkan kata-kata kotor kepada ke-4 elemen tersebut).
  1. Official harus mematuhi ketertiban :
  1. Jumlah maksimal official yang diperbolehkan ada di bench adalah 2 orang.
  2. Seluruh official yang berada di bench wajib mengenakan pakaian yang rapi, serta wajib memakai sepatu (akan discreening oleh panitia).
  3. Hanya pelatih yang dapat memberikan instruksi kepada tim pemain di pinggir lapangan.
  4. Official harus menghormati wasit, table official, official dan  pemain lawan serta penonton (dilarang keras memprotes mendorong, mencaci maki / mengeluarkan kata-kata kotor kepada ke - 4 elemen tersebut).

 

  1. MEDIS: Pihak panitia hanya menyediakan tim medis di lapangan yang berfungsi hanya sebagai pertolongan pertama saja, setelah itu akan diserahkan kepada Manager Tim.
  2. Setiap tim peserta terdiri dari pemain, official dan supporter diwajibkan untuk menjaga ketertiban, kebersihan, keamanan dan menjunjung tinggi sportifitas serta dilarang keras membuat keributan dan kerusuhan serta membawa senjata tajam atau benda/alat yang dapat membahayakan orang lain selama turnamen berlangsung. Jika ada yang melanggar, maka proses hukum akan diberlakukan sesuai peraturan panitia dan hukum yang berlaku di Indonesia, dan proses hukum akan ditujukan kepada pelaku (elemen ini akan diserahkan kepada pihak berwajib/KEPOLISIAN) dan tim tidak akan diikutsertakan lagi pada turnamen berikutnya.
  3. FORCE MAJEUR yang terjadi oleh faktor alam, maka panitia akan berkoordinasi dengan para manager dan petugas pertandingan untuk mencari solusi yang terbaik. Apabila tidak memungkinkan pertandingan dimainkan, maka langsung akan dilakukan tendangan pinalty dengan 3 orang penendang, dan tendangan ini merupakan bagian dari pertandingan sehingga dimungkinkan berakhir dengan seri, apabila pertandingan sudah berjalan tapi pertandingan dihentikan, maka hasil dari pertandingan akan diakumulasikan dengan hasil dari tendangan pinalty. Dan apabila tendangan pinalty juga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan maka panitia berhak untuk memindahkan tempat pertandingan ke Venue yang sudah di tunjuk,  tetap memakai skor dan waktu yang tersisa serta tidak menggugurkan hasil pertandingan sebelumnya.
  4. Bila ada ketidakpuasan dari tim peserta atas keputusan wasit, maka official tim tersebut dapat membuat surat protes secara tertulis dan menyerahkan uang protes sebesar Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) yang diserahkan kepada panitia untuk melakukan proses penyelidikan,  tetapi tidak menggugurkan hasil pertandingan. Proses selanjutnya akan diserahkan kepada tim pengawas pertandingan dan panitia penyelenggara khususnya bagian pertandingan untuk dicarikan jalan keluar dan keputusan yang terbaik.
  5. Jika tim peserta Babak Regional terbukti melakukan kecurangan (memalsukan data pemain) disertai laporan tertulis dari official tim lawan dengan dilampirkan data yang otentik sampai batas waktu 1 hari setelah selesainya pertandingan, yaitu sebelum  jam 12.00, maka panitia akan mendiskualifikasi tim tersebut dan digantikan oleh tim lawannya, dan serta tidak akan di undang pada event berikutnya.
  6. Peraturan pertandingan ini dapat ditambah atau diubah oleh panitia (apabila diperlukan) untuk menyempurnakan peraturan pertandingan AJFC FUTSAL COMPETITION. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun.
  7. Setelah peraturan pertandingan ini dibahas dan disetujui oleh seluruh perwakilan tim yang hadir pada saat Technical Meeting, maka 1 orang perwakilan dari seluruh tim wajib menandatangani FORM PERSETUJUAN MENGENAI PERATURAN PERTANDINGAN yang telah ditetapkan bersama. Bagi tim yang tidak dapat menghadiri undangan Technical Meeting, maka tim tersebut di anggap telah menyetujui hasil dari Technical Meeting.

 

  1. PERLINDUNGAN KECELAKAAN

 

Panitia mempersiapkan Tim Medis yang fungsinya sebagai pertolongan pertama pada saat terjadi benturan atau tindakan di lapangan pada saat pertandingan berlangsung yang menyebabkan pemain cedera. Apabila pertolongan pertama di rasa kurang cukup untuk mengatasi cedera pemain, maka pemain tersebut akan diserahkan kepada manager tim untuk dibawa ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan sebagaimana mestinya dan biaya di tanggung oleh masing-masing tim.

Regulasi kompetisi ini dapat diubah oleh PANITIA untuk menyempurnakan Regulasi Kompetisi AJFC FUTSAL COMPETITION. Pihak panitia tidak bertanggungjawab terhadap kesepakatan diluar ketentuan yang ada di babak regional ini.

 

 

PERATURAN, PERSAYARATAN DAN KETENTUAN BERLAKU.

AJFC FUTSAL COMPETITION 2017

MEKANISME

AJFC 2017 - Online Challenge

 

  1. Calon Peserta cek Landing Page AJFC 2017 di http://ajfc.allianz.co.id/individu untuk membaca tata cara Online Challenge ‘Celebration Look Alike’, syarat mengikuti AJFC, serta link ke microsite AJFC
  2. Peserta mengikuti kompetisi AJFC dengan Foto menirukan gaya pemain Bayern München saat selebrasi setelah mencetak gol
  3. Kemudian posting foto tersebut di Instagram dengan hashtag #AJFC2017_ID
  4. Peserta mengisi data diri dan data orang tua selengkapnya di microsite AJFC
  5. Tiap minggunya akan diumumkan Best 11 oleh Panitia AJFC 2017, yaitu 11 peserta terpilih yang masuk nominasi dan lolos menuju Tahapan selanjutnya serta mendapatkan tambahan hadiah menarik dari Allianz
  6. Saat periode kompetisi berakhir, Panitia AJFC 2017 akan mengumumkan 220 nominasi yang akan mengikuti Tes selanjutnya.

 

 

REGULASI

AJFC 2017 - Online Challenge

 

  • Di saat tanggal dan bulan keberangkatan, peserta harus berumur 14-16 tahun
  • Mengikuti kompetisi Instagram Challenge - Celebration Look Alike
  • Mengisi Data diri dan data orang tua selengkapnya di microsite AJFC
  • Peserta akan diberangkatkan dari Jakarta, maka biaya keberangkatan peserta dari luar Jakarta ke Jakarta akan ditanggung sendiri oleh peserta

Syarat  Ketentuan

  • Kompetisi terbuka untuk umum di situs #PahlawanSepakBola.
  • Selama kompetisi tidak dikenakan biaya apapun. Peserta hanya membutuhkan alamat email untuk mengirimkan karya tulis
  • Peserta diperbolehkan untuk mengirimkan lebih dari satu karya tulis menggunakan alamat email yang sama.
  • Kompetisi tertutup untuk karyawan serta anggota keluarga karyawan Allianz Indonesia dan PT. Uninet Bhakti Nusa (Juara.net).  
  • Peserta adalah laki-laki atau perempuan warga negara Indonesia (WNI) dan menetap di wilayah Indonesia.
  • Peserta memiliki kartu identitas resmi, seperti KTP, SIM, paspor, atau kartu pelajar/mahasiswa.
  • Peserta adalah perorangan (individu).
  • Peserta wajib mengisi data diri secara lengkap dan benar pada kolom-kolom yang tersedia. Seluruh data maupun informasi bersifat rahasia dan hanya digunakan untuk keperluan komunikasi dan promosi dari Allianz Indonesia atau untuk kebutuhan yang menurut Allianz Indonesia penting atau wajib untuk diungkapkan sesuai dengan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Peserta diperbolehkan untuk mengirimkan dan melombakan lebih dari satu karya tulis dengan menggunakan alamat email yang berbeda.
  • Pihak Allianz Indonesia berhak memublikasikan setiap karya tulis peserta ke tempat lain dengan tetap menyebutkan nama penulis untuk kebutuhan promosi.
  • Pihak Juara.net berhak menyadur karya tulis dan menayangkan artikel saduran di situs Juara.net dengan tetap menyebutkan nama penulis sebagai narasumber atau sumber berita.
  • Pihak juri terdiri dari Allianz Indonesia dan Juara.net.
  • Pihak juri akan memilih total 10 (sepuluh) pemenang yang terdiri dari 10 (sepuluh) peserta dengan karya tulis terbaik dan menceritakan pahlawan sepak bola yang paling inspiratif.
  • Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk mengetahui pembaruan terbaru, pantau terus situs #PahlawanSepakBola.

 

Mekanisme Kompetisi

  • Karya tulis harus sesuai dengan tema yang dilombakan, yaitu “#PahlawanSepakBola”.
  • Karya tulis harus didaftarkan selama periode kompetisi berlangsung, yaitu 1 April–18 Juni 2017.
  • Karya tulis menceritakan sosok inspiratif (guru olahraga, pelatih tim sepak bola, atau wasit) yang berjasa terhadap seseorang atau banyak khalayak atau berkontribusi dalam perkembangan olahraga sepak bola.
  • Karya tulis bersifat baru dan orisinal (bukan karya orang lain, hasil plagiat, saduran, atau terjemahan).
  • Karya tulis terdiri dari minimal 200 kata, maksimal 500 kata.
  • Karya tulis wajib mencantumkan foto dengan menyertakan sumber dan keterangan singkat.
  • Karya tulis tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan merusak nama baik pihak lain.
  • Karya tulis belum pernah atau tidak sedang dilombakan pada kegiatan serupa atau di tempat lain.
  • Peserta wajib mem-follow atau meng-like akun media sosial Allianz Indonesia sebagai berikut:
  • Peserta wajib menaati dan menjalankan semua Syarat & Ketentuan serta Mekanisme Kompetisi yang berlaku tanpa terkecuali.