Youth Can! We Are Hope


Youth Can! We Are Hope

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan SOS Children’s Village Semarang pada bidang pendidikan.

LIHAT LEBIH LANJUT

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan SOS Children’s Village Semarang pada bidang pendidikan dengan nama program “SOS Youth Can! We Are Hope”. Sasaran dari program SOS Youth Can! We Are Hope adalah meningkatkan kapasitas dan kemampuan anak muda di tingkat SMP sampai Universitas dalam binaan SOS Children’s Village Semarang.

Untuk itu, CSR Allianz Indonesia bekerja sama dengan SOS Children’s Village Semarang melakukan serangkaian kegiatan yang juga diikuti secara antusias oleh karyawan Allianz Indonesia sebagai volunteer, yaitu:

  • Memberikan pelatihan Public Speaking kepada 25 anak binaan SOS Children’s Village Semarang pada 12 Oktober 2019. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian, kepercayaan diri, serta kemampuan berbicara di depan umum
  • Memberikan pelatihan mengenai pelatihan tentang pengetahuan keterampilan dan kesempatan untuk mengakses dunia kerja kepada 15 anak binaan SOS Children’s Village Semarang pada 16 November 2019. Pelatihan ini bertujuan untuk membuka wawasan mereka terhadap jenis-jenis pekerjaan di masa mendatang serta memberikan pengetahuan mengenai keterampilan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja
  • Memberikan pelatihan perencanaan dan pengelolaan keuangan kepada anak-anak binaan SOS Children’s Village Semarang pada bulan Desember 2019

Keseluruhan kegiatan yang telah dilakukan oleh Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bertujuan untuk melengkapi peningkatan kapasitas dan kemampuan anak-anak binaan SOS Children’s Village Semarang serta mempersiapkan mereka agar mampu bersaing dalam dunia kerja.


Kegiatan PEDIA di SDN 01 Kebon Melati

Kampanye Cuci Tangan Bersih, Food Safety ke Siswa dan Penyuluhan Food Safety ke Orang Tua

LIHAT LEBIH LANJUT

 

 

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kampanye cuci tangan bersih serta food safety untuk anak-anak dan orang tua. Kegiatan ini dilakukan sejalan dengan program Pedia dengan Yayasan Edukasi Dana Umum yang merupakan program rutin CSR Allianz Indonesia.

 

Kegiatan ini dilakukan di SDN 01 Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kampanye Cuci Tangan Bersih ini diselenggarakan pada anak-anak kelas 2 SD. Karyawan Allianz Indonesia menjadi volunteer yang memberikan cerita tentang Tuan Kuman, Tuan Air, dan Tuan Sabun dan bersama-sama menyanyikan lagu 7 langkah cuci tangan sambil mempraktikkannya.

 

Selain kegiatan cuci tangan, digelar juga penyuluhan Food Safety untuk anak-anak yang dilakukan pada anak-anak kelas 5 SD. Para anak-anak sangat menikmati penyuluhan tersebut serta selalu mengangkat tangan ketika narasumber bertanya. Di akhir sesi, para siswa senang karena mendapat susu dan roti sebagai bentuk nyata dari jajanan sehat yang dapat mereka konsumsi sehari-hari.

 

Selain untuk anak-anak, diselenggarakan kegiatan Food Safety bagi oangtua yang dibawakan oleh narasumber, Ratih Woro Anggraini, STP dan dihadiri kurang lebih 21 orangtua murid. Secara keseluruhan para peserta memahami materi yang diberikan karena dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

 

Seluruh peserta merasa sangat gembira dengan kegiatan ini dan mendapat pengetahuan yang sangat bermanfaat.

Kegiatan PEDIA di SDN 01 Kebon Melati

Perempuan Punya Power Atur Uang


Perempuan Punya Power Atur Uang

Punya power atur uang bersama Nova Allianz

LIHAT LEBIH LANJUT

 

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP) menggelar Seminar “Perempuan Punya Power Atur Uang” bersama NOVA. Seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang literasi keuangan kepada para perempuan agar punya power dalam mengelola keuangan sekaligus dalam rangka memperingati bulan inklusi keuangan yang jatuh pada bulan Oktober. Seminar diadakan pada dua hari yang berbeda untuk memenuhi antusiasme para peserta. Lebih dari 600 peserta, yang mayoritas adalah ibu-ibu rumah tangga hadir memenuhi Lobby Wisma Syahida Inn, Tangerang pada Selasa, 29 Oktober 2019 dan di Ruang Noer Ali, Islamic Center, Bekasi pada Kamis, 31 Oktober 2019.

 

Selain seminar mengenai pengelolaan keuangan, turut digelar demo pengelolaan sampah yang dibawakan oleh Britania Sari sebagai praktisi gaya hidup minim sampah dan pengenalan program "Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu" dari perwakilan Allianz Indonesia. Arini Bachtiar, Head of Corporate Event & CSR, Allianz Indonesia membuka seminar pada hari pertama dan Sumandar Situmorang, CSR Program Manager, Allianz Indonesia memberikan sambutan hangat dalam pembukaan seminar hari kedua. Ada beragam edukasi yang diberikan dalam acara ini. Sesi perencanaan keuangan keluarga yang dibawakan oleh Meta Lakhsmi, Head of Investment Communication and Fund Development, Allianz Indonesia.

 

Beliau berbagi informasi mengenai perencanaan keuangan, mulai dari membuat tujuan, evaluasi kondisi saat ini, implementasi, hingga evaluasi akhir. “Lakukan evaluasi pendapatan dikurangi biaya, karena kalau pendapatannya naik, biaya hidupnya juga naik,” ujarnya. Meta pun mengingatkan para ibu untuk menyadari bahwa kaya itu bukan karena pendapatannya tetapi cara pengelolaan keuangan. Selanjutnya adalah sesi pengelolaan sampah dan cara pintar tukar sampah jadi asuransi bersama Britania Sari, praktisi gaya hidup minim sampah dan Shadika Mega Puspita, perwakilan Allianz Indonesia.


“Tahun 2021, diperkirakan Bantar Gebang sudah tak bisa menahan produksi sampah,” ucap Sari mengingatkan semua peserta yang hadir. Oleh karena itu, kita diharapkan dapat memilah sampah dengan baik dan benar serta mau menyetor sampah ke bank sampah yang sudah ada di setiap kota di Indonesia. Sehubungan dengan kehadiran bank sampah, Shadika Mega Puspita, perwakilan Allianz Indonesia, menginformasikan adanya solusi untuk menukar sampah jadi perlindungan asuransi yang dibutuhkan setiap orang. Allianz Indonesia menggandeng beberapa bank sampah di mana nasabahnya bisa menukarkan saldo sampah dengan asuransi dalam program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”.

 

Selain kegiatan dalam bentuk seminar, Allianz Indonesia bekerja sama dengan Nova juga membuat video dengan tema seputar perencanaan keuangan yang diterbitkan di Youtube Nova. Terdapat 4 video yang diisi oleh para perwakilan Allianz Indonesia serta Sahabat Nova. Semuanya bertujuan membuat masyarakat, terutama perempuan, jadi pintar atur uang dan punya power atas keuangan keluarga!


Financial Literacy di Kampung Sekretaris

CSR Allianz Indonesia bersama Yayasan Allianz Peduli memberikan pengetahuan tentang perencanaan keuangan keluarga seperti bagaimana mengelola penghasilan, pengeluaran, anggaran, tabungan dan pinjaman bagi keluarga.

LIHAT LEBIH LANJUT

CSR Allianz Indonesia bersama Yayasan Allianz Peduli memberikan pengetahuan tentang perencanaan keuangan keluarga seperti bagaimana mengelola penghasilan, pengeluaran, anggaran, tabungan dan pinjaman bagi keluarga. seperti bagaimana system menabung yang baik pada tanggal 27 Oktober 2019 di daerah Jakarta Barat, tepatnya Kampung Sekretaris.

 

Daerah ini dipilih karena bersamaan dengan project PEDIA yang merupakan program edukasi inovatif untuk anak dari kerjasama Yayasan Allianz Peduli dengan Yayasan Edukasi Dana Umum, sehingga pendekatan ke daerah tersebut bisa lebih cepat. Untuk daerah lain tetap akan dilakukan kegiatan serupa namun sebelumnya harus lakukan asesmen terlebih dahulu ke daerah yang di tuju.

 

Jumlah peserta yang hadir mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 20 orang yang status pekerjaannya adalah ibu rumah tangga dan ibu wirausaha. Dari kegiatan ini kami pun mendapat respon positif dari masyarakat sekitar dan para peserta, dikarenakan pengetahuan tersebut bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari meraka. Harapan kami pun dari keterampilan yang sudah diberikan bisa berdampak positif untuk lebih banyak menabung, pengeluaran yang lebih bijaksana dan meminjam dengan alasan yang tepat.

Financial Literacy di Kampung Sekretaris